Perlu Tau! Inilah Cara Cek Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations
Perlu Tau! Inilah Cara Cek Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Published on Sep 05, 2021 by handfasting

Stepanavan.info - Tidak semua layanan pinjaman online (pinjol) beroperasi dengan izin atau dianggap legal. Banyak layanan pinjaman beroperasi secara ilegal dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu anda cara cek aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk yang bisa anda lakukan.

Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi pinjol. mengapa demikian? Aplikasi pinjaman ilegal online sangat merugikan peminjam.

Dari sekian banyak kasus yang terjadi, beberapa nasabah tidak ditagih dengan jumlah beberapa kali lipat dari uang pinjaman. Ini adalah kasus terakhir seorang guru honorer asal Semarang yang terlilit utang sebesar Rp. 206 juta dalam 40 pinjaman ilegal.

Nasib serupa juga dialami oleh seorang pegawai Pemkab Boyolali yang terlilit utang sebesar Rp. 75 juta setelah meminjam Rp 900.000 pinjaman ilegal. Untuk itu anda harus memilih pinjol resmi ojk bunga rendah agar aman dari hal yang tidak anda inginkan.

Cara cek aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk

Lalu bagaimana cara cek aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk? Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara cek aplikasi pinjaman ilegal untuk melihat apakah layanan pinjaman legal atau ilegal, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Cek website resmi OJK

Cara pertama adalah dengan mengecek layanan pinjaman yang terdaftar di OJK. Jika ada layanan pinjaman yang menawarkan pinjaman tetapi tidak terdaftar di OJK, jangan tergiur.

Untuk mengecek apakah aplikasi pinjaman online itu legal atau terdaftar OJK atau tidak, bisa dilihat pada tautan berikut.

2- Periksa melalui WhatsApp

Cara cek aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk selanjutnya adalah melalui WhatsApp. OJK memiliki hotline resmi yang dapat dihubungi untuk memastikan keabsahan layanan pinjaman. Untuk mengecek legalitas peminjaman melalui WhatsApp, caranya adalah sebagai berikut:

  • Chat WhatsApp di 081-157-157-157
  • Tulis di kolom chat nama pinjol yang mau di cek.
  • Misalnya “pinjol.com”, lalu kirim pesan.
  • Nantinya, bot akan mencari dan memberikan jawaban apakah organisasi tersebut terdaftar di OJK atau tidak.

Karakteristik pinjaman online ilegal

Pada peluncuran Kompas Tekno, ada enam properti peminjaman ilegal yang diunggah ke akun media sosial resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Berikut daftarnya:

  • Dia memiliki minat yang besar.
  • Jangka waktu pinjaman tidak jelas.
  • Alamat perusahaan tidak termasuk dalam aplikasi atau situs web.
  • Dia tidak memiliki koneksi ke layanan pengaduan.
  • Penggunaan prosedur penagihan yang tidak tepat (mengandung unsur kekerasan dan pencemaran nama baik).
  • Minta akses ke daftar kontak seluler dan dokumen pribadi lainnya.

Terkait dengan semakin banyaknya kasus masyarakat yang terkena imbas pinjaman liar, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengambil langkah memutus akses layanan fintech atau peer-to-peer lending ilegal.

Langkah ini diambil Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melindungi masyarakat yang menggunakan layanan pinjaman. Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sejak 2018 hingga 17 Agustus 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika memutus setidaknya 3.856 platform fintech tanpa izin.

Jumlah tersebut sudah termasuk penyelenggara teknologi peer-to-peer lending tanpa izin sesuai hasil koordinasi dengan OJK.