Keunggulan Pinjaman Online OJK yang perlu anda tau

illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations
Keunggulan Pinjaman Online OJK yang perlu anda tau

Published on Sep 29, 2021 by handfasting

Stepanavan.info - Saat Anda membutuhkan uang mendesak, pinjaman langsung online tersedia sebagai bantuan bagi orang-orang dari kota besar hingga kota kecil. Seperti namanya, pinjaman tunai online langsung adalah jenis pinjaman yang ditawarkan secara online, baik melalui situs web atau aplikasi yang dapat diunduh di PlayStore.

Pinjaman langsung online ditawarkan atau ditawarkan oleh perusahaan fintech, baik market aggregator maupun peer-to-peer lending. Kehadiran pinjaman online langsung di Indonesia mulai diperhatikan sejak kehadiran internet semakin akrab di kalangan masyarakat, khususnya pada dekade pertama abad dua puluh satu. Hingga saat ini, sudah ada puluhan website fintech yang menawarkan pinjaman cair online langsung.

Perkembangan website Fintech di Indonesia tidak lepas dari tingginya minat masyarakat terhadap pinjaman cair online langsung yang memberikan berbagai penawaran menarik. Maka tak heran jika pinjaman online terbaik bukan hal baru di mata masyarakat. Untuk mengetahui lebih lanjut, TunaiKita telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman cair online langsung. Berikut deskripsinya:

Keunggulan Pinjaman Online OJK

Bagi yang masih baru di bidang pinjaman langsung online, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dari jenis pinjaman ini agar Anda dapat memahami alasan mengapa orang memilih pinjaman langsung online. Untuk melihat bersama!

1. Proses Mudah

Kelebihan pinjaman online langsung adalah prosesnya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pinjaman offline yang mengharuskan Anda datang ke cabang bank terdekat terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman.

Hanya dengan menggunakan alat dan jaringan online, aplikasi pinjaman online dapat disaring secara instan. Dengan cara ini, Anda dapat lebih menghemat waktu dan tenaga karena proses transmisi dapat berlangsung dari mana saja dan kapan saja.

2. Dana Cair dalam Hitungan Hari

Salah satu alasan utama mengapa beberapa orang mengajukan pinjaman langsung online adalah dana pinjaman dapat dicairkan dalam beberapa hari, dan itu adalah 1-3 hari kerja.

Jika Anda sudah mengajukan pinjaman, prosesnya mungkin hanya memakan waktu beberapa jam. Jadi saat Anda sedang terburu-buru dan butuh uang mendadak, pinjaman online langsung cair, bisa langsung digunakan.

Mengapa proses pertukaran begitu cepat? Hal ini dikarenakan tidak adanya jaminan yang diberikan sehingga tidak perlu dilakukan proses penilaian aset terlebih dahulu. Selain itu, semua data disediakan secara digital sehingga dapat diproses secara instan.

Lain halnya jika Anda mengajukan pinjaman offline dengan datang langsung ke bank karena data yang diberikan merupakan data fisik sehingga harus diubah menjadi data digital agar dapat diproses.

3. Persyaratan Tidak Ribet

Selain itu, persyaratan dokumen yang diperlukan melalui pinjaman cair online ini juga tidak rumit karena pada dasarnya ingin memberikan pinjaman yang dapat diajukan oleh semua orang dengan mudah.

Rata-rata, persyaratan yang diberikan oleh penyedia pinjaman online hanya disaring langsung untuk kepemilikan KTP, NPWP, slip gaji atau laporan pendapatan, dan rekening tabungan. Dengan persyaratan yang tidak ribet dan mudah diterapkan, siapapun bisa mengajukan pinjaman langsung online.

4. Bisa Digunakan untuk Keperluan Apa Saja

Berbeda dengan jenis pinjaman lainnya, seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang dikhususkan hanya untuk pembelian rumah, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) untuk pembelian mobil, atau KUR (Kredit Usaha untuk Perorangan) yang ditujukan untuk modal usaha, secara online pinjaman langsung cair.

Hal ini dapat digunakan untuk tujuan apapun. Anda bisa menggunakannya untuk renovasi rumah, biaya kuliah, biaya rumah sakit, untuk modal pernikahan.

Tapi ingat, pinjaman online langsung tidak disarankan untuk membayar utang cicilan kartu kredit, uang muka pembelian mobil atau rumah, atau untuk keperluan konsumsi seperti belanja.

Kekurangan Pinjaman Online OJK

Setiap produk keuangan dan perbankan memiliki kekurangan, termasuk pinjaman cair online langsung. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu kekurangan dari pinjaman cair online langsung agar nantinya bisa berpikir matang-matang sebelum mengajukan pinjaman.

1. Sistem Bunga Harian

Berbeda dengan bunga pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan oleh bank yang menerapkan sistem perhitungan bunga bulanan, pinjaman online dicairkan secara instan menggunakan sistem perhitungan bunga harian.

Memang jika kita mengambil durasi yang singkat, manfaatnya tidak akan terlalu enak, tetapi jika durasinya cukup lama, manfaat yang dikenakan akan sangat berat.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman langsung online, ada baiknya melakukan perhitungan terlebih dahulu agar nantinya bisa mengetahui selisih bunga yang harus dibayarkan jika mengambil jangka pendek dan jangka panjang.

2. Plafon Pinjaman Tidak Terlalu Besar

Karena pinjaman dicairkan secara online secara instan, dana dapat dicairkan dalam waktu 1-3 hari kerja, sehingga plafon pinjaman yang ditawarkan tidak terlalu besar.

Berbeda dengan pinjaman tanpa agunan yang memberikan plafon pinjaman Rp 500 juta, pinjaman langsung online bisa memberikan plafon pinjaman sebesar Rp 20-30 juta.

Namun sebenarnya batas pinjaman yang tidak besar tersebut bisa menjadi keuntungan karena untuk pinjaman tanpa agunan, batas pinjaman minimal yang harus ditawarkan adalah Rp 5 juta, sehingga yang membutuhkan dana kurang dari Rp 5 juta tidak akan bisa mengajukan pada meminjamkan. Berbeda dengan pinjaman cair online langsung yang menetapkan dana pinjaman minimal Rp 1 juta.

3. Masa Tenor Singkat

Plafon pinjaman yang tidak terlalu besar juga mempengaruhi jangka waktu pelunasan yang diberikan pinjaman online langsung. Jangka waktu pelunasan yang ditawarkan biasanya berkisar antara 10 hari hingga 180 hari. Semakin lama jangka waktu pelunasan, semakin tinggi pula bunga angsuran yang harus dibayar.

Jadi sebaiknya saat mengambil pinjaman online yang dicairkan secara instan, Anda juga harus memperhitungkan jangka waktu pelunasan yang diambil dan sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam melunasi cicilan.

4. Tidak Semua Pinjaman Langsung Cair

Minimnya pinjaman online langsung cair terbaru ini sangat perlu Anda perhatikan karena banyak sekali penyedia pinjaman online cair langsung menjamur, namun tidak semuanya dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Tak jarang terdengar kasus penipuan berkedok pinjaman online yang langsung tersaring di berbagai media.

Pinjaman langsung online sangat rentan terhadap penipuan, jadi ketika Anda mengambil pinjaman, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah apakah penyedia pinjaman terdaftar atau tidak di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dengan mendaftarkan penyedia pinjaman online yang dilikuidasi secara instan di OJK, berarti perusahaan fintech tersebut berada di bawah pengawasan OJK sehingga dinilai aman dan terpercaya.

Selalu hitung Simulasi

Sekarang Anda sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan pinjaman online langsung ini. Jadi sebelum melamar, coba pikirkan baik-baik berapa banyak uang yang akan Anda pinjam serta berapa lama Anda akan memilih.

Sebaiknya dilakukan simulasi matematis terlebih dahulu. Dengan menjalankan simulasi, Anda akan mengetahui berapa cicilan yang harus Anda bayar per bulan sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda untuk melunasi utang per bulan.

Semoga dengan informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu tentang pinjaman langsung online ya Sobat!