Laptop 11 Inci Terbaik 2021 Rekomendasi Kami

illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations
Laptop 11 Inci Terbaik 2021 Rekomendasi Kami

Published on Oct 13, 2021 by handfasting

Stepanavan.info - Dengan banyaknya jenis alat yang ada di pasaran, spesifikasi, berat dan ukuran menjadi faktor penentu bagi sebagian orang dalam memilih alat yang mereka butuhkan. Kemampuan untuk bekerja dalam kondisi apapun, ringan, dan kompak adalah karakteristik yang umumnya diinginkan orang sebelum memutuskan untuk membeli barang baru.

Baik untuk perangkat dasar seperti smartphone maupun dukungan produktivitas seperti laptop. Laptop berukuran kecil, namun dengan spesifikasi yang bagus kini sudah banyak tersedia, yang menjadikannya sebagai jenis produk yang populer di masyarakat untuk berbagai keperluan.

Dengan spesifikasi dan performa mumpuni dalam ukuran kecil dan ringan, tak heran jika laptop atau laptop mini menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk perangkat peningkat produktivitas. Tentang ukuran yang tergolong mini laptop 12 inci ke bawah.

Laptop 11 Inci Terbaik 2021

Untuk mempermudah mendapatkan laptop mini dengan performa yang hebat, kami telah menyiapkan beberapa jenis laptop mini dari berbagai merek. Semoga dengan rekomendasi ini, Anda dapat menemukan laptop kecil yang dikenal sebagai laptop 11 inci terbaik yang dapat mendukung produktivitas dan kreativitas Anda kapan saja, di mana saja, dan di mana saja.

ASUS Chromebook Flip C214MA-BU0305

Seperti seri Chromebook pada umumnya, Asus juga merancang produk ini khusus untuk pelajar. Spesifikasi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat melakukan berbagai operasi aritmatika sederhana untuk tujuan pendidikan. Prosesor Intel Celeron dipadukan dengan RAM 4 GB.

Layarnya berukuran 11,6 inci dengan model fleksibel 360 derajat yang bahkan bisa menjadi tablet. Dengan cara ini, layar juga memiliki kemampuan layar sentuh yang sangat responsif. Siswa sekolah menengah, sekolah menengah, dan perguruan tinggi dapat menggunakannya dengan baik untuk kegiatan yang menyenangkan juga, meskipun permainan bisa sulit untuk dimainkan.

Sistem penyimpanannya berupa eMMC 32GB yang dapat diperluas dengan kartu memori Micro SD. Layarnya yang fleksibel memungkinkan Anda menggunakannya dalam empat mode. Laptop, tenda, presentasi, dan tablet.

Dell Inspiron 3180

Diharapkan menjadi laptop kompak dan tipis di kelasnya, Dell Inspiron 11 3180 tidak hanya menawarkan bobot yang ringan tetapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur imersif yang cocok bagi mereka yang suka menggunakan laptop kecil sebagai alat multimedia.

Sesuai angka pada namanya, laptop ini berukuran 11 inci. Dari segi fitur, laptop ini dilengkapi dengan teknologi Dell CinemaStream dan CinemaSound untuk memberikan kepuasan bagi mereka yang suka menonton film, drama, atau video lain-lain di laptop.

Dibekali dengan prosesor AMD A9-9420e, performa laptop mungil ini juga bisa dibandingkan dengan laptop Core i3 berukuran 12 inci. Dengan prosesor internal, Anda akan merasakan pengalaman pengoperasian yang relatif mulus dan cepat.

Dari segi transfer data, laptop mini ini memiliki dua slot USB yang dapat mentransfer data dengan cepat berkat teknologi USB 3.1. Slot USB juga memudahkan penggunaan aksesori tambahan, seperti mouse nirkabel dan hard drive eksternal.

Selain itu, laptop kecil ini juga memiliki slot microSD yang dapat Anda gunakan sebagai penyimpanan portabel tambahan. Laptop layar tipis dan kecil ini juga memiliki port HDMI yang dapat membantu Anda melakukan presentasi dengan lebih mudah.

HP Pavilion X360 11

Ternyata laptop spek kecil bukan satu-satunya elemen yang harus dicari dalam memilih perangkat pendukung produktivitas, namun fleksibilitas menjadi nilai tambah untuk laptop kecil. HP X360 11-AB129TU Misalnya, laptop kecil ini termasuk dalam kategori laptop convertible, artinya bisa digunakan sebagai laptop tradisional, tapi juga bisa digunakan seperti tablet.

Itu berkat fitur layar sentuh HD dan engsel fleksibel 360 derajat yang terpasang pada spesifikasi laptop ringkas ini. Selain dibangun dengan teknologi terbaru dan terhebat, laptop layar sentuh kecil HP ini juga dilengkapi dengan RAM 4GB yang didukung oleh prosesor Intel Celeron N4000.

Mungkin bukan prosesor terbaik di kelasnya, namun laptop mungil ini memiliki tenaga dan performa yang cukup baik untuk digunakan sebagai alat penunjang aktivitas kerja Anda. Sedangkan untuk portnya, laptop small touchscreen ini juga sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti port USB 3.1, dua port USB 2.0, dan port HDMI, ditambah slot microSD yang bisa digunakan untuk memperluas kapasitas penyimpanan 500GB. Tertanam di laptop kecil layar sentuh ini.

Asus Transformer Flip TP200SA

Berbeda dengan laptop small touch screen sebelumnya, laptop small touch screen besutan Asus ini diharapkan dapat menjadi salah satu laptop small touch screen dengan spesifikasi tinggi di kelasnya. Spesifikasi tinggi laptop layar sentuh kompak ini hadir dengan RAM atau kapasitas memori 4GB dan komponen lengkap yang dirancang menggunakan teknologi terkini.

ASUS Transformer Flip TP200SA memiliki engsel 360 derajat yang menjadikannya sebagai laptop konvertibel atau laptop 2in1 yang merangkap sebagai tablet. Engsel 360 derajat yang terpasang pada laptop layar sentuh mungil ini telah melewati 20.000 uji coba.

Teknologi modern yang dimaksud pada laptop layar sentuh kecil ini adalah adanya port USB Type-C yang tidak hanya dapat mentransfer data dengan cepat, tetapi juga membuat laptop kecil dengan bentuk yang agak tipis ini memberikan kenyamanan dalam genggaman untuk digunakan sebagai sebuah tablet.

Laptop mungil ini masih dilengkapi dengan port USB 3.1, USB 2.0, dan HDMI untuk memudahkan menghubungkan laptop Anda dengan aksesoris tambahan yang sering Anda gunakan. Dalam hal penyimpanan, laptop kecil ini hanya memiliki 64GB eMMC yang dapat diperluas menggunakan slot microSD.

Lenovo Yoga 330

Masih dalam kategori laptop layar sentuh kecil, Lenovo juga tidak mau melewatkan kesempatan untuk menawarkan laptop mini yang penuh fungsionalitas sebagai alternatif untuk mendukung produktivitas Anda. Kali ini, brand tersebut menghadirkan seri Yoga 330 sebagai juara di kategori laptop touchscreen.

Yoga yang terpasang pada laptop layar sentuh kecil ini mengacu pada fleksibilitas konfigurasi 2-in-1 yang memungkinkan laptop ini dapat dilipat hingga 360 derajat. Layar sentuh laptop kompak ini dilengkapi dengan resolusi HD yang menghadirkan gambar jernih. Kejelasan juga ada di sisi audio laptop layar sentuh ringkas ini berkat Dolby Audio Premium.

Laptop compact touchscreen ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat luas dengan pilihan eMmc hingga 128GB dan SSD 256GB. Keduanya memberikan proses transfer data yang cukup cepat. Kecepatan ini didukung dengan hadirnya RAM dengan opsi akses 8 GB.

Ukuran keyboard dan trackpad yang relatif besar juga disertakan dalam desain laptop layar sentuh kecil ini demi kenyamanan penggunanya. Konektivitas yang ditawarkan juga tak kalah dengan kompetitornya dengan tersedianya port USB Type-C, USB 3.0 dan HDMI.

Acer Spin 1 SP111

Tak hanya laptop mungil ini yang menawarkan layar sentuh sebagai daya tariknya. Acer Spin 1 SP111 menjadi salah satu alternatif di kelas laptop touchscreen kecil ini dengan desain yang tipis dengan ketebalan hanya 14.1mm.

Sebagai laptop convertible, Acer juga menyertakan kapasitas baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam pemakaian sehingga bisa diandalkan untuk menjadi teman produktif Anda dimanapun dan kapanpun. Apalagi laptop kecil dan ramping ini juga didukung dengan koneksi stylus yang akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan segala bentuk pekerjaan.

Laptop layar sentuh yang ringkas ini juga dilengkapi dengan layar Full HD yang ditenagai oleh teknologi Acer Color Intelligence yang menghasilkan grafik yang memanjakan mata. Dan RAM 4GB yang terpasang pada laptop kecil dan ramping ini membuat komputasi menjadi sangat cepat.

Namun sayangnya kecepatan tersebut harus diimbangi dengan hadirnya harddisk 500GB yang merupakan teknologi penyimpanan yang kurang modern, sehingga tidak memungkinkan untuk memberikan tingkat kecepatan yang optimal di antara laptop kecil layar sentuh yang ada di Indonesia.

Zyrex Sky 232 Extreme

Mungkin laptop pabrikan dalam negeri ini tidak memiliki daya tarik laptop layar sentuh kecil, tetapi perangkat komputasi ini ada sebagai laptop kecil yang bagus di pasar Indonesia. Zyrex Sky 232 dibuat dengan prosesor quad-core yang memberikan komputasi lebih cepat dibandingkan dengan laptop kecil lainnya yang menggunakan lebih banyak prosesor dual-core. Oleh karena itu, tidak heran jika laptop mungil ini disebut sebagai spesifikasi laptop kecil untuk para dewa.

Laptop kecil ini hadir dalam berbagai bentuk dan menawarkan penyimpanan eMMC 32GB. Meski terbilang kecil, laptop ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang mampu memperluas kapasitas penyimpanan hingga 128GB. Dari segi konektivitas, laptop mungil ini dilengkapi dengan Bluetooth, HDMI, USB 3.0, dan USB 2.0.

Dengan pilihan konektivitas yang cukup lengkap, Anda mendapatkan keleluasaan untuk menggunakan aksesori tambahan seperti mouse nirkabel dan hard drive eksternal. Meski diharapkan menjadi laptop kecil dengan spesifikasi yang baik, laptop ini hanya memiliki RAM 2GB.

Axioo MyBook10

Masih dengan laptop kecil buatan Indonesia. Hadir dengan layar 10,1 inci, Axioo MyBook10 bisa dibilang sebagai laptop terkecil di pasar gadget Indonesia saat ini. Dengan ukuran yang kecil dan harga yang relatif terjangkau, bukan berarti spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop mungil ini termasuk yang terendah di kelasnya.

Dimulai dari layar, meski luas layarnya hanya 10 inci, laptop kecil ini dilengkapi dengan panel IPS yang menampilkan warna lebih jernih dan lebih hidup dibandingkan panel TFT yang biasa terdapat pada laptop kecil lainnya.

Meskipun di luar spesifikasi umum untuk laptop 12 inci, notebook ini ditenagai oleh prosesor dual-core Intel Celeron N3350 Apollo Lake yang hemat daya dan kecepatan komputasi hingga 2,40GHz. Prosesor tersebut juga didukung oleh RAM 2 GB dan penyimpanan HDD 500 GB.

Konfigurasi ini membuat laptop kecil ini terkesan kalah dengan para pesaingnya. Namun karena ukurannya yang kecil, konfigurasi ini dinilai cukup mumpuni untuk meningkatkan produktivitas harian Anda.

Asus X200MA

Memiliki laptop kecil di Indonesia bukan hanya untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda sebagai seorang profesional. Tapi juga bisa menjadi pengenalan perangkat untuk anak-anak di dunia teknologi. Untuk itu, Asus hadir dengan laptop mini dengan seri Asus X200MA.

Didesain sebagai laptop entry-level kecil, laptop ini menawarkan portabilitas sebagai salah satu daya tariknya dengan sasis yang ramping dan ringan. Laptop kecil dan ramping ini dibangun dengan spesifikasi prosesor Intel Celeron N2840 dan penyimpanan HDD hingga 500GB.

Meski terlihat biasa saja, laptop kecil dan ramping ini juga hadir dengan layar sentuh HD definisi tinggi yang membantu pengguna bebas berekspresi dengan laptop sentuh kecil ini.

Untuk Anda dan anak-anak Anda yang suka mendengarkan lagu dan menonton film, laptop kecil dan ramping ini juga dilengkapi dengan fitur Asus SonicMaster. Fitur-fitur tersebut menjadikan laptop kompak dengan layar sentuh ini sebagai salah satu kualitas suara terbaik di kelasnya. Konektivitas yang disediakan juga cukup membantu dalam pekerjaan sehari-hari, seperti hadirnya dua port USB 2.0, port USB 3.0, port VGA untuk monitor eksternal, dan port RJ45 untuk koneksi internet kabel.

Lenovo Ideapad D330

Laptop kecil seringkali menjadi pilihan saat digunakan untuk keperluan multimedia. Hal ini tentu saja tergantung karena bobotnya yang ringan sehingga bisa digunakan di berbagai tempat. Selain ringan, Lenovo Ideapad D330 sering disebut sebagai salah satu laptop kecil dengan spesifikasi yang bagus. Kickstand ini dimungkinkan dengan hadirnya prosesor Intel Silver di laptop layar sentuh ini.

Selain prosesor Intel Silver, ada juga varian dengan prosesor Intel Celeron. Sedangkan untuk memori, laptop ini memiliki pilihan RAM mulai dari 2GB hingga 8GB dengan kapasitas penyimpanan mulai dari tipe eMMC 32GB hingga 128GB. Oleh karena itu, judul laptop kecil dengan spesifikasi bagus ini sangat layak untuk dipasang. Dua prosesor yang tersedia untuk opsi laptop layar sentuh kecil dapat membuat laptop hybrid dengan layar yang dapat dilepas ini berfungsi dengan baik.

Laptop ini dilengkapi dengan layar touchscreen 10 inci dengan Lenovo Active Pen, sebuah stylus yang dapat meningkatkan produktivitas Anda, terutama bagi mereka yang suka mendesain secara digital. Laptop ini juga dilengkapi dengan slot SIM Card, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan koneksi internet yang terbatas.

Alcatel 12+

Untuk menarik perhatian pasar Indonesia yang menyukai inovasi teknologi, Alcatel menawarkan tim untuk lini laptop kecilnya. Jika laptop yang lebih kecil biasanya datang dalam konfigurasi 2-in-1 atau konvertibel untuk digunakan seperti tablet, Alcatel telah memilih untuk menawarkan konfigurasi layar yang dapat dilepas yang memungkinkannya berfungsi seperti tablet sungguhan.

Tentunya dengan fitur layar sentuh yang memungkinkan Anda bebas bergerak dalam situasi apapun. Layar sentuh pada laptop ini dilengkapi dengan resolusi Full HD yang memungkinkannya menampilkan warna yang jernih dan cerah.

Kapasitas baterai 6900mAh juga memastikan laptop hybrid kecil ini ringan digunakan dalam mode tablet. Meski berukuran kecil, laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 4GB dan penyimpanan eMMC 32GB yang membuat kinerja komputasi berjalan cepat.

Port USB Type-C juga tersedia di laptop layar sentuh kecil ini menjadikannya salah satu perangkat teknologi masa depan. Keunikan lain dari laptop mungil ini adalah pemindai sidik jari untuk tingkat keamanan yang lebih baik.

Cara Memilih Laptop 11 Inci Terbaik

Banya faktor yang membuat laptop kecil bisa disebut sebagai laptop 11 inci terbaik. Berikut akan kami ulas beberapa faktor yang harus kamu perimbangkan.

Prosesor dan RAM yang mumpuni

Dapur pacu strip harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih laptop. Prosesor yang mumpuni dan kapasitas RAM yang besar akan menentukan seberapa cepat laptop Anda dan seberapa kuat laptop Anda ketika satu atau lebih aplikasi dijalankan secara bersamaan. Jumlah minimum RAM untuk penggunaan sehari-hari adalah 4 GB, dan ukuran yang disarankan adalah 8 GB.

Kapasitas baterai tahan lama

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah masalah kapasitas baterai. Hal ini akan mempengaruhi berapa lama laptop Anda akan bertahan saat Anda menggunakannya. Sebaiknya pilih laptop yang sudah memiliki fast charging, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk charging bisa digunakan kembali.

Ukuran, desain, dan berat laptop

Ukuran laptop kecil berkisar dari 10 hingga 12 inci. Dengan berbagai macam desain yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Usahakan untuk bisa memilih laptop dengan desain yang elegan agar terlihat seperti laptop premium. Bobot laptop juga harus diperhatikan bagi yang menginginkan kenyamanan saat berkemas.

Fitur multi-mode yang mudah

Jika Anda ingin membuat hidup lebih mudah, ada baiknya memilih laptop multi-mode yang dapat digunakan dalam banyak mode penggunaan. Mulai dari sebagai laptop, tablet, tenda, dan stand. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa banyak perangkat untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara merawat laptop 11 inci

Masalah yang sering terjadi adalah laptop kita menjadi lemot atau loyo. Tak jarang, hal ini membuat kita frustasi dan ingin cepat-cepat membeli laptop baru. Namun, mungkin laptop kita lelah. Untuk mencegah laptop Anda menjadi lambat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Bersihkan data yang tidak digunakan

Terkadang laptop bisa penuh dengan isi file kita. Yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu program dan file seperti apa yang membuat memori laptop Anda penuh dan menghapus hal-hal yang tidak lagi diperlukan.

Jarang mematikan notebook

Laptop, seperti manusia, juga butuh istirahat. Terkadang kita mempercepat dan langsung mematikan laptop kita tanpa mematikannya dengan benar. Hal-hal seperti itu, jika dilakukan terus menerus, akan membuat laptop Anda cepat lelah dan lamban. Baterai dan prosesor juga terpengaruh.

Bersihkan cache sesering mungkin untuk mengosongkan RAM

Setiap laptop memiliki kapasitas operasi RAM yang berbeda. Untuk menjalankan suatu program, program dan aplikasi, kita membutuhkan RAM yang cukup. Untuk mendapatkan RAM yang sehat, batasi membuka banyak tab browser dan menjalankan dua program secara bersamaan.

Kesimpulan

Seperti halnya pilihan gadget lainnya, Anda bisa mengatur keberadaan laptop kecil sesuai dengan kebutuhan Anda. Pasalnya, laptop kecil kini dianggap sebagai salah satu gadget penting yang dapat memperlancar segala aspek kehidupan Anda, mulai dari pekerjaan hingga hal-hal yang menyenangkan seperti hobi. Dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran Indonesia saat ini, akan memudahkan Anda dalam memilih laptop mini terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.